Kamis, 23 Oktober 2014

Jerit Hati Kami (SDM Indonesia)

Manusia adalah suatu makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna diciptakan, akan tetapi kesempurnaa itu dapat dimanfaatkan oleh manusia itu sendiri untuk  bisa mendapatkan  apa yang akan menjadi tujuan atau sasaran dalam hidupnya.
Membahas tentang sumber daya manusia berdasarkan pengertianya sendiri bahwa sumber daya manusia adalah suatu sumber atau potensi yang ada pada diri manusia untuk dapat menjalankan suatu perintah yang bertujuan untuk mensejahterakan kepentingan dirinya sendiri, organisasi maupun  negara.
Seperti yang saya tulis dalam tema sebelumnya pada blog semsester 1 saya, bahwa Indonesia di juluki sebagai negara mega a diver city country atau negara  yang mempunyai kekayaan alam terbesar dari negara-negara lainnya. Akan tetapi kekayaan alam tersebut tidak berbanding baik dengan potensi sumber daya manusia yang dimiliki untuk mengolah alam tersebut dan dimanfaatkan dengan baik oleh manusia demi kepentingan masyarakat juga demi memanjukan pertumbuhan pada bidang-bidang di suatu negara.
Keterbatasan sumber daya manusia ini kebanyakan dinilai menjadi masalah besar di negeri kita, untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang tentunya harus ada perbaikan yang perlu dibenahi agar dapat menghasilkan out put yang maksimal dan tentunya membuat negeri kita menjadi lebih baik pada bidang ekonomi, politik, social, budaya, olah raga dan bidang bidang yang lainnya.
Pemerintah yang utamanya menjadi pekerjaan rumah yang besar untuk memajukan kuantitas dan kualitas potensi pemanfaatan alam dan penunjang sumber daya manusia supaya bisa dapat bermafaat untuk masyarakat dan negara pada umumnya.
Pemerintah juga yang seharusnya merealisasikan dan bersedia menempatkan manusia atau masyarakat dalam pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. memberi informasi tentang lowongan pekarjaan,menyediakan lapangan pekerjaan yang luas, mendidik dan melatih manusia supaya bias menjadi pekerja yang baik dengan kineja baik, dan melakukan apa-apa yang dianggap baik demi terciptanya sumber daya manusia yang berguna untuk kepentingan dirinya sendiri, organisasi,maupun negara dan pemerintahan.

Berikut merupakan masalah yang dihadapi akibat minimnya sdm dan pekerjaan di negara kita :

1. Tingkat pendapatan rendah
Rendahnya sdm merupakan dampak dari melemahnya perekonomian di negara kita, dengan jumlah penduduk yang banyak bahkan Indonesia menempati urutan 3 dunia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang banyak di bawah Cina dan India haruslah menjadi pertanyaan, kenapa dengan jumlah penduduk banyak tidak berdampak baik pada suatu perekonomian Negara? Apa penyebabnya? Hal tersebut menjadi kajian yang menarik untuk dibahas.
Indonesia dengan segudang kekayaan alam tidak dapat memanfaatkannya dengan baik karena factor sumber daya manusia yang dimilikiya rendah, minimnya tenaga kerja dan kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan, tentunya akan berdampak pada tingkat pendapatan di negara kita menjadi lemah. factor tersebut yang harus dibenahi untuk masa sekarang supaya mengahasilkan tujuan dengan out put baik pada masa yang akan datang.

2. Pengangguran yang tak terkendali
Akibat keterbatasan keahlian, pendidikan yang minim dan ketidak mampuan untuk bekerja dengan kinerja yang baik, pengangguran menjadi factor atau hasil dari permasalahan tersebut.
Dalam pengertiannya pengangguran menurut ilmu ekonomi adalah suatu keadaan dimana seseorang yang termasuk golongan angkatan pekerjaan dan ingin memperoleh pekerjaan akan tetapi belum mendapatkannya.
Dalam pengertian tersebut sudah jelas bahwa orang yang menganggur atau tidak punya pekerjaan ingin bekerja dan ingin memperoleh pekerjaan akan tetapi orang tersebut belum mendapatkannya karena faktor –faktor lain misalnya kurangnya informasi tentang lowongan pekerjaan, keterbatasan kemampuan untuk bekerja, pendidikan yang kurang, tidak menguasainya IPTEK dan lainnya.

3. Berkurangnya rasa nasionalisme
Masih berhubungan dengan nomor 2 akibat pengangguran dan lemahnya sdm juga akan menimbulkan rasa kecintaan terhadap negara menjadi berkurang. Siapa sangka, orang yang tidak bekerja akan menyalahi aturan atau hukum yang berlaku pada suatu negara  karena merasa bahwa dirinya tidak berada pada lindungan negara dan pemerintah.

4. Tingginya angka kejahatan dan kriminal
Keterbatasan pekerjaan dan sdm yang kurang begitu baik diterima oleh suatu instansi lembaga atau organisasi dapat juga berdampak pada suatu kejahatan-kejahatan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Seseorang yang merasa dirinya tidak dibutuhkan untuk bekerja tentunya akan mengabil jalannya sendiri dengan usaha apapun baik halal maupun haram orang tersebut akan melakukan suatu yang akan cenderung membahayakan orang lain contohnya mencuri, merampok dan lain sebaginya. Dari sebagian besar keterangan mereka yang melakukan kejahatan tersebut beralasan karena tidak ada pekerjaan lain yang lebih baik dan untuk bertahan hidup juga untuk mencukupi kebutuhan keluarga dengan beranggapan bahwa hidup itu adalah keras.

Dan masih banyak lagi faktor-faktor lain akibat dari sdm yang tidak mendukung dan dunia pekerjaan yang semakin sulit didapat.

Sungguh menyedihkan negeri kita ini, kapan kita bangkit dari keterpurukan ini, bangun dari tidur yang lelap, membawa perubahan untuk masa depan, memberi  nuansa persaudaraan yang terjalin baik dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dengan lambang garuda sejati.
Kami rindu akan itu Indonesiaku…
Jayalah negeriku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar