Sabtu, 29 Oktober 2011

Sistem Komunikasi Data

Sebelum kita membahas sistem komunikasi data, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari komunikasi data itu sendiri.
Komunikasi data adalah proses penyampaian informasi dari satu orang kepada orang lain atau dari satu tempat ke tempat lainnya.
untuk dapat mengkomunikasikan data tersebut, tiga elemen harus tersedia, yaitu sumber data (source), media transmisi (transmission media) yang membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke elemen yang ketiga yaitu penerima (receiver). Bila salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan.

Sistem komunikasi data dapat digambarkan sebagai berikut :


Penjabaran :
Alat Komunikasi diibaratkan seseorag menggunakan telepon untuk menyampaikan suatu informasi, kemudian dari telepon tersebut akan diproses melalui prosesor komunikasi dan melewati media transmisi data, selanjutnya kembali diproses melalui prosesor komunikasi penerima informasi dan terakhir dari alat komunikasi pengirim akan menyampaikan informasi setelah melalui berbagai tahapan pemrosesan kepada penerima dengan menggunakan media/alat komunikasi yang sama (telepon).


TRANSMISI DATA
Transmisi data merupakan proses pengiriman dari data sumber ke penerima data.
Data atau informasi yang disampaikan melalui media transmisi berwujud isyarat listrik.
Macam-macam dari isyarat listrik (sinyal) diantaranya :
1.    Isyarat Analog
Isyarat analog disebut juga isyarat continue karena bentuknya berupa gelombang yang continue, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
2.    Isyarat Digital
Isyarat digital disebut juga isyarat distrik.
Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
3.    Prosesor Komunikasi
Prosesor komunikasi adalah piranti yang bertindak untuk melewatkan data informasi kemedia transmisi atau menerima informasi dan media transmisi.

Sumber :
http://ankga13.blogspot.com/2011_03_01_archive.html
Pengenalan Komputer : Penerbit Andi
Pembahasan materi pengantar system informasi semester 1/2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar