Minggu, 01 April 2012

DICARI PRESIDEN YANG TIDAK LEBAY

Presiden adalah seorang pemimpin terhadap masyarakat disuatu negara pemerintahan republik.
Presiden pula yang mempunyai peranan central dalam melakukan suatu tindakan-tindakan serta kebijakan-kebijakan yang baik untuk masyrakatnya.

Disini saya mencari sosok presiden yang mempunyai kriteria-kriteria yang baik untuk masyarakat umum. Jika sobat blogger berminat mari kita bangun repulik atau negara mimpi sebagai bentuk masukan dan kritisasi untuk pemerintah kita sekarang ini.
Adapun kriteria-kriterianya adalah sebagai berikut :


a.      Berjiwa berani dan tegas
Bukan hanya sekedar pidato atau bikin lagu saja, tapi presiden yang mempunyai sosok tegas dan berani mengambil keputusan jika suatu saat harkat dan derajat negara kita diinjak-injak oleh negara lain.
Presiden yang berani mengeluarkan kebijakan-kebijakan selaku manajemen negara dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat, bukan sebaliknya menambah penderitaan rakyat.
b.      Dapat menyelesaikan masalah internal maupun eksternal
Presiden yang dapat menyelesaikan semua masalah yang terjadi didalam negeri misalnya korupsi yang dilakukan oleh operator pemerintah yang kemudian presiden ambil alih untuk memberikan sangsi tegas terhadap si pelanggar supaya tidak bermunculannya lagi pelanggar- pelanggar lain yang akan mengulangi kesalahan yang sama.
Hukum mati untuk koruptor adalah harga mati!
Dari dulu sampai sekarang, dari presiden pertama sampai dengan sekarang belum ada presiden yang berani bertindak demikian.
Untuk masalah eksternal kita bisa ambil contoh kemarin-kemarin sempat ada ketegangan antara negara kita dengan negara sebelah yakni Malaysia.
Dengan banyaknya tkw-tkw yang menjadi korban penyiksaan-penyiksaan, kemudian diklaimnya batik, kebudayaan-kebudayaan dinegara kita oleh negara tersebut.
Tapi apa tanggapan presiden kita? Beliau hanya berpidato dan memilih untuk jalur diplomasi.
Baik, 1 atau 2 kali kita mempunyai masalah dengan negara tersebut bisa diselesaikan dengan cara diplomasi, tetapi kesalahan yang dilakukan oleh negara tersebut semakin bertambah parah, apakah hal demikian bisa diselesaikan dengan cara diplomasi kembali? Tentu jawabnya tidak! Karena jati diri bangsa kita sudah teramat diinjak-injak oleh negara tersebut. Sehingga mungkin negara tersebut mencap negara kita adalah negara yang lemah bahkan tergolong pengecut.
c.       Dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila
Hal ini yang semakin kesini semakin dilupakan oleh petinggi negara kita, padahal mereka tahu bahwa Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia.
Tapi banyak pula dari mereka yang melanggar isi dari pancasila tersebut.
Mungkin tidak perlu untuk dijelaskan satu persatu, karena sudah terlalu banyak nilai pancasila yang runtuh oleh petinggi-petinggi negara tersebut.
Saya capek bila harus membahasnya.
d.      Presiden yang beriman dan takut kepada Tuhan
Bukan malah presiden yang membiarkan kesalahan-kesalahan oleh bawahannya, tapi presiden yang senantiasa mebuka kesalahan-kesalahan apa yang telah diperbuatnya karena semata-mata takut kepada Tuhan YME.
Presiden yang bisa mengambil keputusan-keputusan yang baik, dengan tidak didasari rasa arogansi terhadap rasa kekuasaannya dan bisa menjadikan negara kita ini bisa terangkat harkat dan martabatnya kembali karena didasari oleh niatan tulus dan takut bila suatu kesalahan terjadi yang akan berdampak pada masyarakatnya dan menyebabkan dosa kepada dirinya dan operator pemerintahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar