Kamis, 19 Juni 2014

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. 
Indonesia yang mempunyai masyarakat yang majemuk dan sangat erat kaitannya dengan dasar-dasar kebudayaan yang dimiliki oleh setiap masyaratakat itu sendiri pada setiap daerah. Dasar budaya ini yang kemudian menjadi ciri khas antar budaya di Indonesia dengan keanekaragaman dan kekayaan budaya yang dimiliki, diharapkan masyarakat menjadi lebih mengenal ciri budaya antara satu daerah dengan daerah lain tanpa harus berselisih dan tetap dalam satu naungan kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Maka dapat disimpulkan bahwa Ilmu Budaya Dasar adalah seluruh usaha yang bersumber dari akal manusia untuk menciptakan seluruh kegiatan yang rutin dilakukan secara berkesinambungan dan menjadi sebuah kebiasaaan yang dimiliki oleh setiap msyarakat di daerah yang kemudian menjadi ciri khas dari budaya itu sendiri tanpa harus berselisih karena perbedaan dan tetap dalam nauangan kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Sumber Kutipan :
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://pengertianbahasa.blogspot.com/2013/02/pengertian-ilmu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar