Senin, 28 Februari 2011

Tulisan

SUKSES

SUKSES, kata ini sering sekali kita dengar, dimana semua orang ingin merasakan arti atau makna dari kata tersebut.
SUKSES tidak akan terjadi begitu saja, melainkan ada suatu usaha-usaha yang harus dilakukan, usaha tersebut bisa bernilai positif dan bisa juga bernilai negatif. Semua itu tergantung pada seseorang  yang akan menggapai suatu kesuksesan tersebut dengan cara atau jalan yang akan digunakan.


SUKSES BERNILAI POSITIF

Sukses yang bernilai positif dimana seseorang yang melakukan suatu usaha dengan sungguh-sungguh dan melalui jalan yang positif. Contohnya seorang mahasiswa yang ingin memperoleh hasil baik dalam ujiannya, maka mahasiswa tersebut melakukan suatu usaha dengan belajar bersungguh-sungguh tanpa mencontek atau melihat hasil kerja orang lain pada saat mengerjakan soal ujian.

Banyak orang menilai sukses yang positif bararti sukses dengan hasil atau out put yang baik, tidak memperhatikan proses atau suatu usaha yang dilakukan oleh manusia itu sendiri dalam mencapai suatu kesuksesan tersebut.

Padahal sukses yang positif bukan berarti sukses dengan cara atau usaha yang positif pula, bisa saja sesorang yang ingin memperoleh kesuksesan dengan hasil yang positif akan tetapi menggunakan cara atau jalan yang negatif.


SUKSES BERNILAI NEGATIF

Sukses yang bernilai negative  dimana seseorang yang ingin memperoleh kesuksesan yang positif  akan tetapi cara yang dilakukannya bernilai negatif atau  tidak sesuai dengan hukum dan  aturan yang berlaku dalam suatu lembaga, organisasi ataupun dalam lingkungan masyarakat.

Dari contoh diatas  kita dapat membandingkan kebalikannya, seorang mahasiswa yang ingin memperoleh hasil baik dalam ujiannya, akan tetapi  mahasiswa tersebut tidak mau melakukan suatu usaha dengan belajar bersungguh-sungguh, dengan cara  mencontek atau melihat hasil kerja orang lain pada saat mengerjakan soal ujian untuk mendapatkan nilai baik dari hasil ujian tersebut.

Dalam artian ini mahasiswa tersebut ingin meperoleh nilai yang baik dalam ujiannya, akan tetapi nilai tersebut didapat dengan cara atau jalan yang salah bahkan menyalahi aturan yang berlaku.
Contoh ini merupakan contoh sesorang yang ingin memperoleh kesuksesan yang positif akan tetapi menggunakan jalan yang negative.




Jadi, makna atau  arti kata sukses itu sendiri dapat dinilai sesuai penilaian dari hasil suatu usaha dan proses yang digunakan, usaha tersebut bisa bernialai positif dan bisa juga bernilai negative.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar