Selasa, 08 Maret 2011

Tulisan

Memanfaatkan waktu luang di sela-sela kuliah

Pemanfaatan waktu luang setelah menjalankan aktifitas perkuliahan dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai tujuan atau keinginan dari seorang mahasiswa.
Pemanfaatannya tentunya harus bernilai positif dan mempunyai manfaat serta tujuan yang baik bagi seorang mahasiswa tersebut.

Berikut merupakan cara pemanfaatan waktu di sela-sela kuliah supaya waktu tersebut tidak terbuang percuma dan sia-sia :

a. Lakukan kegiatan yang bersifat keagamaan
Setelah menjalankan perkuliahan seorang mahasiswa sebelum melakukan suatu rencana tentang kegiatan yang akan dilakukannya, utamakan ibadah terlebih dahulu. Contohnya shalat.
Karena kegiatan ini bersifat penting maka wajib dilaksanakan dengan baik.

b. Ingat akan tanggung jawab sebagai mahasiswa
Sebagai mahasiswa tentunya harus ingat akan kewajibannya, sebelum melaksanakan kegiatan yang akan dilaksanakan yang bersifat tidak terlalu penting, maka kerjakanlah dulu tugas-tugas yang ada pada suatu mata kuliah yang ditugaskan. Jika sudah mengerjakan tugasnya maka seorang mahsiswa tersebut bisa menjlankan aktifitas atau kegiatan lain yang akan dilakukan.

c. Usahakan Bermain Sambil Belajar
Seseorang tentunya mempunyai keinginan untuk bermain, tapi usahakanlah melakukan suatu permainan yang positif. Karena seorang mahasiswa, contohnya  kita dapat bermain internet misalnya dengan membuka jejaring social dengan sambilan membaca hal-hal yang penting sebagai penambah ilmu pengetahuan umum kita.

d. Olahraga 
Lakukanlah olah raga sebagai penyeimbang tubuh kita, olah raga tersebut dijalankan untuk menyegarkan pikiran kita serta dapat menyehatkan tubuh kita. Lakukan olah raga di sela-sela kuliah dan usahakan olah raga yang tidak terlalu berat karena akan mempengaruhi tubuh kita menjadi kurang maksimal untuk belajar.

e. Istirahat dengan cukup
Bila tidak ada pekerjaan lain setelah kuliah, kita dapat mengistirahatkan fikiran kita supaya bisa bekerja kembali secara optimal dan menjalankan aktifitas kita kembali sebagai seorang mahasiswa.


Dari cara diatas, hanya merupakan sebagian saja dari cara memanfaatkan waktu luang di sela-sela kuliah untuk dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak membuang waktu secara percuma.
Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat…..
Amiinnn…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar